Selasa, 17 September 2013

Cara Menanam Pisang

Buah pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang pastinya sudah sangat akrab dengan penduduk Indonesia. Budidaya buah pisang yang mudah dan murah membuat pisang banyak ditanam, baik itu di pekarangan rumah maupun di lahan pertanian.

Sebelum memulai membudidayakan pisang, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis buah pisang yang biasa di tanam di Indonesia.
  1. Pisang Konsumsi tanpa harus dimasak, misalnya pisang ambon, susu, raja dan mas 
  2. Pisang konsumsi harus dimasak misalnya pisang nangka, tanduk dan kepok.
  3. Pisang berbiji banyak misalnya pisang batu dan klutuk  (Dipakai untuk dirujak)
Setelah mengetahui jenis-jenis buah pisang, mari kita simak cara menanam pohon pisang yang baik dan benar. Pohon pisang bisa tumbuh dengan subur jika ditanam pada media tanam yang humus dan ditambah dengan pemupukan yang memadai Karena pohon pisang termasuk ke dalam jenis tanaman yang rakus akan makanan.

Tunas pisang yang bisa diambil adalah tunas pisang yang sudah mencapai tinggi 1-2 meter dengan  lebar batang 15 hingga 25 cm. Cara Memilih Bibit Pisang Bagus adalah Pilihlah Bibit Tunas Pohon yang sehat dan banyak berbuah.

Jarak tanam pisang bisa Anda atur sesua dengan lebar lahan yang ada, tapi usahakan untuk tidak terlalu berdekatan. Buatlah lubang tanaman Pisang 50 x 50 x 50 cm pada tanah berat, 40 x40 x 40 cm untuk tanah gembur.

Sebelum menanam, ada baiknya jika media tanam dicampuri terlebih dahulu dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Waktu penanaman pohon pisang yang paling baik adalah di waktu pagi hari sebelum jam 10 pagi. Hal ini dimaksudkan agar pohon pisang yang ditanam bisa tampak lebih segar.


Sumber: caramenanam.com

1 komentar:

  1. jadilah seperti pohon pisang, yang tak akan pernah mati sebelum berbuah, walaupun di tebang. salam kenal

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...