Senin, 15 Oktober 2012

Cara Mudah Budidaya Kangkung Cabut

Apabila anda dirumah mempunyai lahan pekarangan yang agak luas, bisa anda manfaatkan untuk berkebun ala kadarnya sekalian untuk mengisi kesibukan dirumah dan kebutuhan sayuran dirumah anda .Pertama anda cangkuli tanahnya sedalam 30cm seluas lahan yang anda punya dipekarangan, setelah anda selesai mencangkuli lahan, sekarang buatlah guludan atau bedengan yang lebarnya kira-kira 1 x 4 m setinggi 40cm.

Tapi sebelum anda membuat guludan atau bedengan ada baiknya tanah yang sudah selesai dicangkul diberi pupuk kandang dan kapur pertanian, supaya tanah tidak masam unsur haranya dan membuat tanah menjadi lebih subur .

Setelah dibuat bedengan ada baiknya tanah dibiarkan atau didiamkan barang sehari atau tiga hari saja, untuk memberi waktu pada tanah untuk memperbaiki unsur-unsur yang ada didalamnya, setelah itu anda pun bisa memulai dengan menanamnya dengan jarak tanam kearah memanjang 10cm atau lebih rapat lagi 5cm .Dan jarak tanam arah melebar 20cm, pada setiap lubang tanam dapat diisi dengan 5 biji kangkung itu sudah cukup rapat apabila biji kangkung itu tumbuh subur .

Pada usia 3 – 5 hari sejak biji kangkung itu ditanam kedalam tanah maka mulailah bermunculan tunas-tunas kecambah kangkung dan dari sini dapat anda hitung untuk waktu panennya kira-kira pohon kangkung itu sudah berumur 35 – 40 hari dan selama itu pula anda harus rajin menyiram kecambah kangkung itu dipagi hari dan sore hari.

Memupuknya anda cukup dengan pupuk cair saja yang dapat dicampur dengan air dan langsung disiramkan ketanah diarea lahan kangkung, pemupukan cukup dilakukan 1-2 kali saja sedangkan hama yang suka mengganggu petani kangkung adalah ulat daun, kepik dan hewan ternak .

Bila kangkung sudah mencapai umur 35-40 hari anda dapat memanennya dengan cara dicabut bersama dengan akar-akarnya, dari hasil panen tersebut terserah anda mau dikonsumsi sendiri atau dijual kepasar atau tetangga anda disekitarnya .

Apabila anda ingin menjualnya kangkung-kangkung itu diikat terlebih dahulu dengan tali plastik atau dengan karet gelang yang banyak dijual ditoko-toko dekat rumah anda .
Dalam satu ikatan yang biasa dijual kepasar-pasar itu berisi sekitar 15-17 batang kangkung, soal harga saya tidak bisa menentukan karena harga pasar sangat fluktuatif, susah untuk diprediksi kalau kita tidak merisetnya sendiri .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...