Rabu, 12 Juni 2013

Cara Mudah Budidaya Bebek Peking

Pola pemeliharaan bebek peking secara intensif menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Namun pemahaman dan pengetahuan tentang cara memelihara bebek peking menjadi hal yang cukup penting. Agar menjadibisnis yang menguntungkan, pola pemeliharaan dan perawatan yang baik harus diperhatikan. Memelihara bebek peking dari usia DOD sampai dewasa memiliki teknik dan perawatan yang berbeda-beda. Memelihara bebek peking dimulai dari fase starter, fase pertumbuhan (grower) dan fase layer/bertelur. Memeliharabebek peking untuk tujuan penggemukan hanya memerlukan satu masa pemeliharaan dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

Bebek Peking Masa Starter

Pemeliharaan anak/masa starter dimulai pada saat Itik Peking (Peking Duck) berumur 1 hari sampai umur 60 hari. Pada masa ini anak-anak Itik dipelihara dalam kandang khusus dengan memakai pemanas/induk buatan. Pada umur 1 –14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca dingin karena belum dilengkapi dengan bulu yang sempurna untuk menahan dingin. Anak bebek peking diberi makan khusus yaitu pakan anak yang mempunyai kandungan protein sekitar 19 – 21 % kadar protein dan lebih dikenal dengan makanan “Starter”.

Setelah umur 14 hari anak Itik peking tersebut sudah mampu untuk menahan hawa dingin sehingga tidak perlu lagi dibantu dengan induk buatan(pemanas), di kandang ini bisa dipelihara sampai umur 60 hari bagi pemeliharaan Pembibitan, selanjutnya setelah umur diatas 60 hari dipindahkan ke kandang masa pertumbuhan (Grower).

Untuk pemeliharaan anak ini bisa dalam bentuk postal ataupun menggunakan kandang Box, untuk kandang Box biasanya dilakukan pada umur 1 – 14 hari sedangkan dari umur 15 – 60 hari dilaksanakan pada kandang postal karena badan itik sudah mulai besar .Kapasitas kandang pada periode ini yaitu 10 – 15 ekor/m2.

Bebek Peking Masa Pertumbuhan (Periode Grower)

Periode pemeliharaan Itik Peking pada masa pertumbuhan/masa Grower, perlu diperhatikan ternak yang dipelihara, karena pada masa ini yang banyak dipelihara adalah Itik Peking (Peking Duck) Betina seabagai calon Bibit pengganti /Replecement Stock atau persediaan Bibit dan juga Itik Peking Jantan yang berfungsi sebagai pejantan pengganti.

Untuk mempersiapkan peremajaan bibit, maka perlu dipersiapkan bibit pengganti yang mempunyai kelebihan/keunggulan tertentu sebagai bibit pengganti, baik jantan maupun betina dengan sex ratio 1 : 4 ( 1 Jantan 4 betina). Pada periode ini Itik yang dipelihara berumur antara 61 hari sampai dengan 150 hari,sedangkan kapasitas kandang pada masa ini sekitar 6 – 8 ekor/m2.

Bebek Peking Masa Bertelur/Layer

Itik Peking/Peking Duck yang sudah berumur 5 bulan atau lebih baik jantan maupun betina dikatagorikan sebagai Itik Layer karena pada saat ini kondisi Itik sudah bersiap-siap untuk memproduksi telur, ada yang mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan tetapi secara umum mulai bertelur normal pada umur 6 bulan.

Itik-itik tersebut ditempatkan pada kandang khusus, yaitu kandang Itik Dewasa ,kandang itik ini dilengkapi dengan tempat bertelur serta kandang umbaran atau lapangan tempat bermain yang dilengkapi dengan kolam/saluran air yang berfungsi untuk mandi Itik dan mendinginkan tubuh pada saat siang hari dengan sex ratio sekitar 1 : 4 ( 1 jantan 4 betina). Ternak-ternak ini berfungsi sebagai bibit penghasil telur yang siap untuk ditetaskan sebagai sumber DOD yang dipasarkan untuk bakalan pemeliharaan Itik Peking. Kapasitas dikandang dewasa sekitar 3 – 5 ekor. Selamat Mencoba.

Sumber: galeriukm.com

8 komentar:

  1. mas bsa bntu sys untk pemulai budidaya bebek peking.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, permisi admin, numpang jualan,

    jual bebek peking hidup, f1 malindo, ukuran 2,5kg up

    Harga : 21.000 per kg

    Lokasi kandang : cise'eng ,Parung, bogor

    telp/sms: djoko 08568630258

    (pembayaran cash, ketemuan di kandang)

    Nb : Harga dapat berubah sewaktu-waktu

    Terimakasih...

    BalasHapus
  3. Mari giatkan usaha beternak bebek. Bebek Peking (Peking Duck) adalah salah satu jenis itik pedaging paling unggul dengan permintaan pasar yang sangat tinggi. Dengan harga DOD Rp. 10.000 /ekor dan harga jual karkas itik ukuran 1,5 - 2 kg = Rp. 55.000 - Rp. 67.000. Untuk usaha pembesaran 100 ekor dalam pemeliharaan 6-8 minggu kami kalkulasikan keuntungan yang didapat sekitar Rp. 1.800.000. Untuk menghasilkan keuntungan yang lebih kami menyarankan untuk beternak minimal 500 ekor. Jika peternak bisa mencari pakan alternatif yang relatif murah apalagi bisa mencari yang gratis seperti sagu, ampas tahu, dll maka akan didapatkan keuntungan yang lebih besar.

    BalasHapus
  4. Permisi mas bg yg berdomisili di wil ntb lombok mslh bbt piking at msnpents hub 087863305884

    BalasHapus
  5. Permisi mas bg yg berdomisili di wil ntb lombok mslh bbt piking at msnpents hub 087863305884

    BalasHapus
  6. bebek ... kwek kwek kwek
    enak buat bebek goreng nih

    kunjungi blog saya ya

    http://Ahmad12345.sharethisstory.net/id-408410-1490

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...