Jumat, 04 Oktober 2013

Cara Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang cukup digemari di kalangan pencinta ikan hias. Bentuknya yang unik dan cantik membuatnya semakin populer. Budidaya ikan cupang merupakan salah satu pekerjaan yang tidak terlalu sulit dan biayanya juga tidak begitu besar.

Cara budidaya ikan cupang

Berikut ini akan dibahas mengenai cara budidaya ikan cupang secara
  1. Menyiapkan induk ikan cupang yang siap kawin. Induk cupang yang siap kawin biasanya berusia sekitar 3-4 bulan. Ciri cupang jantan yaitu sudah mengeluarkan gelembung dan cupang berita sudah terdapat bercak putih pada kelaminnya. Pilihlah induk cupang yang berkualitas baik karena dapat mempengaruhi anakannya.
  2. Pijahkan induk cupang yang sudah diilih ke dalam sebuah wadah dan biarkan selama 2 hari sampai terjadi proses perkawinan.
  3. Pisahkan induk betina dan biarkan induk jantan bersama telur. Biarkan selama 10 hari di tempat gelap dan induk jantan tidak usah diberi pakan.
  4. Setelah telur menetas, maka pindahkanlah anakan tersebut ke dalam wadah yang lebih besar agar tidak mati.
  5. Pakan yang bisa diberikan kepada anak cupang berumur 10 hari yaitu air kol karena mengandung plankton atau bakteri yang merupakan pakan alami ikan cupang. Pakan lainnya yang bisa diberikan adalah jentik nyamuk.
Demikianlah cara melakukan budidaya ikan cupang yang sangat mudah. Selanjutnya tinggal menunggu ikan cupang besar dan siap dipanen serta dijual untuk dijadikan ikan hias yang bisa diletakkan di kolam atau akuarium.


Sumber: http://www.lupabaca.com/

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...