Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara menanam tanaman dengan teknik hidroponik sangat cocok sekali untuk diterapkan oleh Anda yang tinggal di perkotaan. daerah pertanian di perkotaan yang memang mulai menyempit membuat orang beramai-ramai menanam tanaman dengan teknik hidroponik, terutama mereka yang perduli terhadap lingkungan.

Jenis tanaman yang biasanya ditanam dengan system hidroponik di perkotaan adalah tanaman sayuran seperti  sawi, kangkung, pakcoy, seledri, kemangi tomat dan sayuran kecil lainnya. Anda juga bisa menanam beberapa sayuran dengan ukuran sedang seperti tomat dan cabe rawit.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat menanam tanaman dengan system hidroponik adalah masalah pengairan. Anda harus meluangkan banyak waktu untuk menyiram tanaman dan merawat tanaman yang telah Anda tanam.
Cara menanam hidroponik
1. Penyiapan benih
Anda bisa menyemai benih dalam wadah berukuran yang cukup besar. Anda bisa memanfaatkan Rockwool yang memang dikenal sangat praktis karena memiliki daya serap air yang tinggi.
2. Penyiapan media tanam
Siapkan media tanam berupa campuran sekam bakar dan pasir kerikil kedalam wadah seperti pot atau kaleng bekas.
3. Perawatan tanaman
Anda bisa membersihkan gulma yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman inti. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memberikan pupuk urea atau pupuk kandang. Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari, namun jika sedang musim hujan, Anda cukup menyiramnya sekali saja.
Agar tanaman yang Anda tanam dengan cara hidroponik tumbuh dengan sempurna, tempatkan tanaman di tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung.


Sumber: caramenanam.com

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...