Selasa, 01 Oktober 2013

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kenikir Untuk Kesehatan

TANAMAN kenikir yang dalam bahasa latin disebut dengan Cosmos Caudatus adalah salah satu sayuran Indigenous yaitu spesies sayuran asli indonesia yang berasal dari ekosistem tertentu. Daun kenikir sudah tidak asing lagi bagi masyarakat jawa. Daun Kenikir ini sering dijadikan salah satu sayuran pelengkap, baik untuk pecel, urap-urap ataupun sebagai lalapan. Daun kenikir mempunyai aroma yang khas. Tanpa melihat pun kita sudah tahu kalau itu daun kenikir karena aromanya yang khas tersebut.

Sedangkan kandungan daun kenikir antara lain saponin, flavonoida polifenol, dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun kenikir juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidan yang dimiliki daun kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif.

Selain mengandung senyawa antioksidan, daun kenikir juga mengandung protein, lemak, karbohidrat serta kalsium dan vitamin A. Jadi jelas bahwa daun kenikir mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat dan khasiat daun kenikir antara lain sebagai obat lemah lambung, penguat tulang, penambah nafsu makan, obat lemah jantung, dan mencegah kanker. Disamping daunnya, ternyata bunga kenikir juga bermanfaat antara lain untuk obat gondongan dan juga bisa jadi obat pembengkakan pada payudara. Caranya yaitu bunga kenikir ditumbuk dan dicampur cuka kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Selain itu bunga kenikir juga bisa mengusir serangga dengan aromanya yang khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...