Selasa, 22 Oktober 2013

Cara Menanam Kunyit

Kunyit adalah tanaman rempah dari keluarga jahe-jahean. Kunyit bisa tumbuh hingga ketinggian 1 meter. Kunyit dapat tumbuh baik di daerah tropis dan banyak digunakan untuk bumbu masakan di banyak negara-negara Asia seperti kari. Kunyit juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami yang aman digunakan. Selain kegunaannya sebagai bumbu masakan, kunyit juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan seperti anti inflamasi, obat jerawat, antioksidan, penurun kolesterol, hingga obat untuk kanker.

Selain memiliki banyak manfaat, kunyit juga amat mudah tumbuh. Berikut adalah tips bertanam kunyit di halaman rumah Anda:

- Tanah
Kunyit dapat tumbuh baik di tanah kering yang kaya akan bahan organik.

- Cahaya matahari
Kunyit memerlukan paparan sinar matahari yang cukup selama setidaknya 5-7 jam sehari. Ini tentu tidak menjadi masalah di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

- Air
Kunyit harus disiram secara teratur. Siram kunyit secukupnya karena penyiraman yang berlebihan justru akan membuat akar kunyit menjadi busuk.

- Pupuk
Umumnya kunyit tidak memerlukan pemupukan. Tapi jika pertumbuhannya terlihat lambat, tambahkan pupuk untuk membuat tanaman makin subur.

- Pemilihan umbi untuk bibit
Agar kunyit tumbuh baik, pemilihan bibit amatlah penting. Pilih umbi segar dan gemuk dengan 2 – 3 tunas. Diamkan dalam wadah perkecambahan selama kurang lebih 3 minggu.

Setelah itu, tanam bibit pada tanah yang telah disiapkan. Jika menggunakan pot, tanam satu umbi untuk tiap pot.

- Pengendalian hama dan penyakit.
Hama yang paling sering menyerang kunyit adalah kutu daun. Sedang penyakit yang sering muncul adalah bercak daun dan infeksi jamur. Untuk mengatasi hama dan penyakit tersebut gunakan pestisida dan fungisida secukupnya.

- Pemanenan.
Kunyit dapat dipanen setelah 250 hari atau 9 – 10 bulan setelah daun berubah kuning dan batang mengering.

Gali tanah dengan hati-hati dan angkat kunyit dari dalam tanah. Bersihkan kunyit dari kotoran. Kunyit siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Sumber: amazine.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...